IKAN BATANG LAE

Ditulis oleh ALbert
🕔  Desember 15, 2017


Ikan Batang Lae adalah salah satu jenis makanan tradisional dari Suku Pakpak. Dalam Kalangan masyarakat Pakpak, ikan Batang Lae sudah sangat familiar dan sampai saat ini masih selalu digunakan sebagai makanan utama dalam acara-acara sakral seperti menerbeb, merre nakan peddas, meneppuh babah, mengido sodip, dll. Ikan Batang Lae dipilih sebagai makanan utama pada acara-acara sakral karena Ikan ini dianggap memiliki filosofi yang kuat bagi kehidupan suku Pakpak. Ikan Batang Lae atau dalam bahasa Indonesia disebut ikan jurung atau ikan hampala senang dengan tantangan, ikan ini hidup di air yang mengalir deras dan selalu melawan arus air dan berenang ke hulu sungai.

Cara pengolahan Ikan Batang Lae ini juga sangat unik, Ikan ini tidak dimasak ataupun digoreng melainkan dibungkus menggunakan daun oncim (sejenis daun aren) yang telah diberi garam terlebih dahulu lalu dipanggang selama beberapa hari dengan menggunakan asap dari perapian. Setelah dipanggang beberapa hari, ikan akan menjadi lunak dan karena hanya menggunakan asap, ikan ini bisa bertahan tanpa basi sampai beberapa minggu.

Cara menyajikan ikan ini sesaat sebelum dikonsumsi juga terbilang unik karena Ikan Batang Lae ini tidak dipotong-potong tetapi dibuatkan di atas piring yang berisi nasi dan ikan ini dibuat berdiri tegak.

batang-lae.jpg
  

Komentar

Belum ada komentar

Posting comments after has been disabled.
http://sppe.pakpakbharatkab.go.id/files/thumb/19ba0be4999a62f/210/280/fit

Daftar Download

Status Permohonan

DAFTAR FORMULIR IZIN

DAFTAR PERMOHONAN IZIN

DAFTAR PERMOHONAN IZIN YANG SUDAH DITERBITKAN

DAFTAR PERMOHONAN IZIN YANG BELUM DIAMBIL

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut anda pelayanan DPMPPTSP saat ini?

  • Puas – 4 Votes
    100%
  • Sedang – 0 Votes
    0%
  • Kurang Puas – 0 Votes
    0%
Total votes: 4

INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat

  Lihat Hasil